WordPress vs Tumblr – Pilih Yang Mana?


Banyak blogger pemula yang bingung dan menanyakan tentang platform blog mana yang akan digunakan untuk memulai aktifitas blogging apakah itu WordPress, Tumblr, atau Self-hosted WordPress (wordpress yang install & hosting sendiri – wordpress.org). Berikut adalah penjelasan mengenai platform blog untuk masalah tersebut.

Tumblr – Micro blogging super cepat

Tumblr adalah lingkungan micro blog yang sederhana, blog yang cepat dengan fasilitas posting/artikel, image/gambar, quote/kutipan, video, audio dan link/tautan, semua yang dibutuhkan untuk mengirimkan tulisan anda secepatnya. Mempunyai tampilan pengaturan yang sederhana, itulah keistimewaan dari Tumblr. Cepat dan sederhana, cocok untuk blog personal/pribadi.

Keunggulan:
– Mempunyai tampilan menu yang bagus
– Ada Tool pihak ke-3 untuk Tumblr
– Mempunyai banyak Theme/Tema (tapi lebih sedikit dari WordPress)
– Mudah untuk dikelola dari Handphone
– Bisa menggunakan nama domain anda sendiri dengan Free/tanpa biaya tambahan
– Bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui trafik pengunjung

Kekurangan:
– Masalah pada pengarsipan artikel
– Harus menggunakan Tag/Label pada artikel untuk mendukung pencarian
– Fleksibilitas dan dukungan Plugin terbatas
– RSS Feed secara langsung tidak tersedia
– Untuk pengembangan blog tidak mudah
– Fasilitas komentar tidak tersedia (harus menggunakan Plugin)

WordPress – Hosting pada wordpress.com

Untuk sebuah blog personal/pribadi yang tidak terdapat elemen komersial ataupun tidak berkeinginan untuk menjadi blog komersial disarankan menggunakan platform blog gratis wordpress.com. Mudah untuk di setup/setting dan terdapat fasilitas yang bisa anda install sendiri. Kemudahan dari platform wordpress.com adalah untuk anda yang tidak ingin membayar untuk blog anda sendiri dan untuk anda yang tidak ingin mengalami kesulitan dalam penanganan instalasi blog anda nanti. Pada platform ini anda bisa mengganti nama domain dengan nama domain anda sendiri (contoh: domain_anda.wordpress.com menjadi domain_anda.com) dengan membayar $10 / $15 per tahun.

Jadi bagi anda tidak menginginkan kostumisasi/perubahan blog pada design, plugin dan kostumisasi lainnya ini adalah pilihan terbaik untuk memulainya, walaupun ada beberapa plugin yang popular yang sangat disarankan tidak tersedia pada wordpress.com.

Keunggulan:
– Lusinan theme/tema yang bagus & keren
– Sistem Statistik yang terintegrasi
– Sistem komentar dengan fasilitas Anti-Spam yang terintegrasi
– Dukungan komunitas yang bagus
– Mendukung multi bahasa

Kekurangan:
– Berbayar untuk menggunakan nama domain anda $10 / $15 per tahun
– Dukungan Plugin terbatas, tidak bisa menginstall Plugin anda sendiri, hanya bisa menggunakan Plugin yang sudah tersedia pada wordpress.com
– Kostumisasi CSS / penyimpanan tambahan dikenakan biaya
– Tidak bisa optimalisasi SEO

WordPress – Hosting sendiri menggunakan nama domain anda (wordpress.org)

Jika anda tidak menemukan kecocokan pada pilihan platform blog di atas dan mencari yang lebih, atau untuk keperluan blog personal / komersial yang serius dan professional, Self-hosted WordPress (wordpress yang install & hosting sendiri – wordpress.org) adalah solusi terbaik. Untuk installasinya anda harus minimal mempunyai pengetahuan tentang Komputer / Internet, walaupun dasar untuk installasinya sebenarnya sangat sederhana. Untuk kostumisasi blog agar sesuai dengan keinginan anda adalah bagian yang agak sulit, anda bisa mencari referensi cara installasinya melaui Google ataupun pada Blog-blog yang membahas tentang wordpress.

Keunggulan:
– Sangat flexible, bisa dikostumisasi
– Installasi / update-nya tidak terlalu sulit
– Ribuan Theme/Tema yang bagus & keren dari seluruh dunia
– Dukungan komunitas yang bagus
– Plugin dan fasilitas yang baik sekali untuk optimaliasi SEO

Kekurangan:
– Membutuhkan nama domain dan tempat hosting sendiri
– Membutuhkan pengetahuan tehnik dan perawatan
– File-file blog tidak di backup secara otomatis (tergantung tempat hosting anda)

Pada akhirnya pilihan apakah menggunakan WordPress atau Tumblr tergantung pengguna dan kegunaanya. Untuk blog personal/pribadi cocok menggunakan Tumblr atau wordpress.com, sedangkan untuk keperluan blog personal / komersial yang serius dan professional disarankan menggunakan self-hosted WordPress (WordPress yang install & hosting sendiri – wordpress.org). 😀


abdee

a husband & father who like to blogging, learn to code, wordpress enthusiasm, little bit twitter and facebook, winning eleven fan, eager to move forward for better knowledge.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...